“KAMI” Berani Tes HIV / AIDS

11/10/2019 – 14:48

Mamuju, (11/10) – Bertempat di Gedung Auditorium lantai 2 Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Screening HIV / AIDS (Voluntary Counseling and Testing) kepada para pegawai di lingkungan BPK Provinsi Sulaweis Barat. Kegiatan tersebut terselengga atas kerja sama antara Subbagian Sumber Daya Manusia (SDM) BPK Perakilan Provinsi Sulawesi Barat dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dalam hal ini ialah Puskesmas Rangas, Kabupaten Mamuju.

Penyuluhan dilakukan oleh dr. Nanik Sriningsi dengan mengungkap data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat  tahun 2018 menyampaikan bahwa pengidap HIV di wilayah Kabupaten Mamuju adalah sebanyak 15 kasus Positiv HIV (60%), yang merupakan kasus terbanyak dari enam Kabupetan dalam lingkup Provinsi Sulawesi Barat. Berdasarkan data tersebut, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat terkait  cara penularan, fase alamiah infeksi HIV, dan tindakan pencegahan HIV/AIDS.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Penyuluhan dan Screening HIV / AIDS yang dihadiri oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Asih Waryanti, didampingi oleh Kasubbag SDM Lingga Ramadhani Idris, dan Kasubbag Umum dan TI Gathot Wijanarko, beserta jajarannya berlangsung lancar. Di akhir acara, para petugas medis Puskesmas Rangas mengapresiasi pegawai BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat mengingat tingginya animo pegawai yang mengikuti kegiatan tersebut dan dari 21 sampel darah yang di ambil, hasilnya semua dinyatakan NEGATIF HIV.