Evaluasi Anggaran Melalui Diskusi Kelompok Terpumpun

14/11/2019 – 10:05

Mamuju, (14/11) –BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan diskusi kelompok terpumpun mengenai Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara. Kegiatan yang bertempat di Ruang Rapat lantai 2 tersebut dilakukan antara Biro Keuangan BPK RI dengan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Sekretariat Perwakilan selaku Pelaksana Harian Kepala Perwakilan, Asih Waryanti beserta jajarannya tersebut, bertujuan untuk melakukan evaluasi anggaran di BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. Dalam paparannya, Agus Dwi Pujianto dari Biro Keuangan BPK RI menyampaikan bahwa perhitungan kinerja anggaran tidak hanya berfokus pada penyerapan anggaran saja, tetapi juga dipengaruhi  oleh banyak faktor lain seperti capaian keluaran, efisiensi, dan lain-lain, dimana tata cara monitoring dan evaluasi kinerja penganggaran ini berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA), Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA), dan Manajemen Kinerja (Makin)  serta menyampaikan materi terkait penggunaan Kartu Kredit Pemerintah.

Diakhir kegiatan, Asih Waryanti menghimbau kepada seluruh pengelola anggaran di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat untuk melakukan monitoring atas realisasi anggaran dan lebih bijaksana dalam menggunakan Kartu Kredit Pemerintah, sehingga dapat berdampak pada peningkatan kinerja anggaran BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat menjadi lebih maksimal.